Pertama, hal pertama yang harus kita lakukan adalah perubahan pada komponen Piston. Ukuran piston standar yang di terapkan pada Verza ini berukuran 14 mm yang sama dengan Jupiter MX, Vixion, Thunder, Shogun dan KLX 150. Piston Verza /NMP memiliki profil cekung, tinggi piston dari pin sampai head berada pada kisaran 20mm. Piston yang Pnp dengan verza tanpa repot – repot mempapasnya adalah milik Shogun dan juga KLX. Karena tinggi piston sama – sama pada kisaran 20 mm, sedangkan milik thunder ketinggian 22 mm pin harus papas dulu kalau punya vixion sama mx lebih pendek. Kalau coba memakai piston milik Vixion atau jupiter biar low friction bisa juga akan tetapi anda cari yang ada jenongnya atau juga bisa ganti dengan stang yang lebih panjang. Cari piston merk TDR sudah banyak yang jual dari 58mm – 66mm. Kalau soal harganya berkisar antara 300.000 atau pakai merk BMI ada 57 – 58 – 59 serta 63,5 – 65,5mm harganya pun lebih murah yakni kisaran 200.000.
Kedua, sama seperti hal pertama yakni melakukan perubahan akan tetapi perubahan kali ini beralih pada bagian klep. Jika anda tidak mau ganti klep silahkan pakai piston ukuran 66mm. Hal ini akan meningkatkan cc mejadi 198cc, kalau memakai piston yang berukuran 66mm jangan lupa unutk mengganti liner diesel.
Ketiga, hal selanjutnya adalah pada sistem asupan bahan bakar. Karena Honda Verza saat ini sudah bermesin injeksi. Sekedar rekomendasi untuk menggunakan Ecu aftermarket, sepert merk BRY juken yang harganya berkisar 700.000 atau kalau mau pakai piggyback juga bisa akan tetapi harganya yang relatif lelbih mahal. Semuga tergantung anda.
Itulah sedikit informasi yang berhasil kami rangkum mengenai masalah cara agar Verza lebih kenceng. Semoga rangkuman tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.