Jarum bensin motor anda rusak, ketahuilah cara mengatasinya
| kebanyakan orang di Indonesia yang saya amati bahwasannya masalah jarum
bensin rusak mereka tidak begitu peduli, mereka berprinsip mempunyai motor
adalah “POKOKE MLAKU” atau bahasa indonesianya “YANG PENTING BISA JALAN”. Jarum
bensin pada motor sendiri sebenarnya adalah bagian yang tak kalah pentingnya
dengan komponen yang lain, Kenapa? Karena dengan adanya jarum bensin maka kita
akan tahu seberapa banyak bensin yang sisa di dalam tangki motor kita tanpa
repot – repot melihat langsung pada tangki bensin.
Tentu saja hal ini dampak nya adalah membuat kita repot,
bagaimana tidak? Jika kita dalam berkendara dan jarum bensin mati maka kita
tidak tahu apakah masih banyak atau tidak, jika tidak maka akan kehabisan di
jalan dan secara otomatis motor akan berhenti sendiri, semuanya pasti tidak
ingin hal tersebut menimpa saat kiita berkendara, apa lagi berkendara dalam
perjalanan jauh.
Ada beberapa penyebab masalah tersebut bisa terjadi mulai
dari aki, pelampung di tangki, kelistrikan, atau bahkan karena spedometernya.
“Harus Di Turut” itulah kata yang pas untuk memperbaiki semua masalah di sepeda
motor termasuk pada pembahasan kali ini.
Berikut ini adalah langkah – langkah pengecekan :
Aki
Tidak mungkin bergerak jika aki sedang dalam keadaan rusak,
atau kendaraan tidak ada aki. Akan tetapi lain lagi soal arus listrik langsung
di sambungkan dari spul lampu. Untukmengenali ciri-ciri apakah baterai sudah
lemah sangatlah mudah, yakni dengan cara cek bunyi klakson atau tekan tombol
starter (jika ada).
Pelampung
Aki masih sehat, jarum bensin tetap mati. Beralih ke bagian
pelampung. Cek dengan membuka jok, di sebelah tutup bensin biasanya ada semacam
besi dengan kabel yang di rekatkan ke bodi dengan baut. Setelah jok terbuka
buka piranti tersebut setelah itu lepas soketnya dan sambungkan dua kabel
dengan menyambungkan ke jumper atau penghantar listrik lain jika spedometer
bisa bergerak bearti pelampung tersebut mengalami kerusakan. Untuk harga pelampung sendiri cukup murah
hanya kisaran 150 ribu saja.
Kelistrikan
Cek jalur kabel yang menggerakkan jarum, skemanya dari aki
menuju sekering di turut ke kunci kontak, indikator jarum/ spedometer, dan
kembbali ke daerah pelampung. Tes dengan alat pengukur arus, jika tidak normal
bearti masalah pada jalur kabel.
Speedometer
Jika semua lolos dan jarum bensin masih tidak normal. Dapat
di tebak bahwa yang rusak adalah bagian spedometer. Ada pilihan terakhir yakni
memperbaiki atau juga mengganti dengan baru.
Itiulah tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk
masalah kerusakan pada jarum bensin. Semoga menambah wawasan bagi kita semua,
semoga bermanfaat.