Yamaha Siapkan Strategi Serangan Hadapi Jagoan Sport Honda CB 150R | Melihat PT Astra Honda Motor ( AHM ) yang meluncurkan produk
terbarunya segmen Sport 150 cc yakni All – New Honda CB 150R Streetfire yang di
luncurkan beberapa sat lalu ini mendapat respon dari YIMM ( PT Yamaha Indonesia
Motor Manufacturing ). Karena generasi terbaru Honda Cb 150 R ini yang berubah
begitu signifikan memang dapat mengancam penguasaan produk segmen motor sport
150 cc andalan YIMM ini, Yamaha V – Ixion ini yang telah menjadi raja motor
sport dalam priode yang cukup awet.
Masykur sendiri mengakui bahwa saat ini pihaknya ( YIMM )
sedang menyusun strategi serangan agar produk segmen motor sport 150 cc andalan
mereka yakni New V – Ixion Advance ini tetap kompetitif di pasar Otomotif
Indoensia. Walaupun begitu ia belum mau mengungkapkan lebih dalam soal strategi
yang bakal di usung oleh YIMM. Begitu juga dengan produk kompetitor yang belum
di telaah lebih nyata dan lebih jauh, sebab masih merupakan produk anyar.
“setelah melihat produk kompetitor nanti, dari situ kami
dapat menyusun strateginya. Kalau di lihat dari harga, mereka setting lebih
tinggi. Akan tetapi biasanya itu spare buat diskon. Kita lihat nanti setelah
battle sesungguhnya Bulan Agustus ini,” ucap Masykur.
Yamaha Indonesia sendiri memang selalu menjadi penguasa
produk motor sport 150 cc dengan jangka waktu yang cukp lama. Hal tersebutlah
yang membuat AHM penasan mengapa sulit untuk merebut dari YIMM, yang berakhir
dengan di luncurkannya motor sport 150 cc terbaru mereka yang berubah sangat
signifikan.
Walaupun sama – sama mengusung perubahan facelift pada kedua
motor sport tersebut dimana YIMM dengan Yamaha New V – Ixion Advance dan AHM
dengan All New Honda CB150R Streetfire, di akui atau tidak akan terjadi
pengaruh penjualan nantinya. Akan tetapi YIMM tetap optimis dapat melalui hadang
sang kompetitor tersebut dengan baik.
“Pengaruh pasti ada, akan tetapi kami ada langkah antisipasi
agar konsumen setia tidak berpaling ke lain hati,” ujar masykur, selaku Asisten
GM pemasan YIMM, seperti di lansir Kompas Otomotif, Minggu ( 160 / 08 / 2015 ).
Sampai sekarang ini, YIMM pu masih percaya diri bahwa V –
Ixion masih akan menjadi pilihan utama motor sport 150 cc oleh masyarakat Tanah
Air, karena sesuai dengan daya penjualan Wholesales dari AISI yang mana model
sport Yamah dapat terjual mencapai angka 144.972 unit sepanjang Januari sampai
Juli 2015 lalu. Dimana rata-rata penjualan per bulannya mencapai 25.000 unit.