Ban mobil yang cepat mengalami aus umumnya di sebabkan beberapa pemicu. Ban menjadi aspek utama dalam suatu keselamatan serta keamanan sepanjang berkendara serta untuk yang memiliki kendaraan untuk selalu melakukan perawatan dengan cara melindungi langkah berkendara supaya ban lebih awet. Seperti yang di ungkapkan oleh Adry Adam selaku Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia TBK bahwa ban menjadi komponen yang mempunyai kerja paling berat lantaran bukan sekedar menyokong bobot kendaraan saja akan tetapi mesti menahan beband ari penumpang ataupun pengemudi kendaraan tersebut.
Untuk ban pada mobil apsti memiliki struktur serta ukuran yang tidak sama dengan motor, menurut Andry sekurang – kurangnya terdapat banyak aspek yang menyebabkan ban jadi cepat mengalami rusak atau aus. Di antara aspek yang menyebabkan ban cepat rusak atau aus adalah sebagai berikut:
1. Kekeliruan pengemudi yang tidak mengerti lambang yang tercantum pada ban itu. Umumnya beberapa pabrikan telah membuat ban dengan kode atau lambang spesifik untuk dapat mengatur optimal yang bisa di kerjakan oleh pengemudi. Misal untuk lambang M yang dapat di pacu pada kecepatan puncak 130 Km/jam. Sedangkan untuk lambang yang paling tinggi adalah Y yang umumnya di pakai pada ajang balap karena tipe ban ini dapat di pakai sampai kecepatan puncak 300 km/jam
2. Pemicu ban cepat aus juga di sebabkan lantaran tingkah pengemudi yang tidak mematuhi ketentuan bagaimana caranya berkendara dengan benar, sering kali mencapai gas dengan cepat akan tetapi sering melakukan pengereman secaramendadak. Selin itu pemicu lainnya adalah di sebabkan karena terlalu sering melewati jalan yang berlubang atau ban rusak. Bila terlalu sering di lewatkan bukan ban saja yang terkena masalah akan tetapi shock breaker juga akan cepat mengalami masalah.
3. Pemicu terakhir yang sangat sering di lakukan oleh beberapa orang yakni tidak memperhatikan keadaan tekanan angin pada ban mobil, walaupun sebenarnya jika selalu di lewatkan sudah pasti bakal mengakibatkan kerusakan pada komponen ban serta mempengaruhi pada kemudi mobil yang menjadi lebih berat waktu melakukan akselerasi. Sebaiknya periksalah secara berkala atau periksa terlebih dahulu sebelum anda memakai serta jika terasa sudah kempes maka segeralah untuk melakukan pengisian angin pada ban.
1. Kekeliruan pengemudi yang tidak mengerti lambang yang tercantum pada ban itu. Umumnya beberapa pabrikan telah membuat ban dengan kode atau lambang spesifik untuk dapat mengatur optimal yang bisa di kerjakan oleh pengemudi. Misal untuk lambang M yang dapat di pacu pada kecepatan puncak 130 Km/jam. Sedangkan untuk lambang yang paling tinggi adalah Y yang umumnya di pakai pada ajang balap karena tipe ban ini dapat di pakai sampai kecepatan puncak 300 km/jam
2. Pemicu ban cepat aus juga di sebabkan lantaran tingkah pengemudi yang tidak mematuhi ketentuan bagaimana caranya berkendara dengan benar, sering kali mencapai gas dengan cepat akan tetapi sering melakukan pengereman secaramendadak. Selin itu pemicu lainnya adalah di sebabkan karena terlalu sering melewati jalan yang berlubang atau ban rusak. Bila terlalu sering di lewatkan bukan ban saja yang terkena masalah akan tetapi shock breaker juga akan cepat mengalami masalah.
3. Pemicu terakhir yang sangat sering di lakukan oleh beberapa orang yakni tidak memperhatikan keadaan tekanan angin pada ban mobil, walaupun sebenarnya jika selalu di lewatkan sudah pasti bakal mengakibatkan kerusakan pada komponen ban serta mempengaruhi pada kemudi mobil yang menjadi lebih berat waktu melakukan akselerasi. Sebaiknya periksalah secara berkala atau periksa terlebih dahulu sebelum anda memakai serta jika terasa sudah kempes maka segeralah untuk melakukan pengisian angin pada ban.