Cara Mudah Mengganti Oli Shockbreaker

Cara Mudah Mengganti Oli Shockbreaker

Komponen shock motor pada bagian depan tanpa di sangka ternyata mempunyai oli yang harus di ganti tepat pada waktunya, memang mungkin sebagian orang tahu bahwa penggantian oli shoc ini sangat penting karena agar kinerja shockbreaker menjadi lebih enak. Buat para pengguna motor apabila sudah menempuh jarak waktu 1 tahun atau kira – kira sudah menempuh jarak 15.000 sampai 20.000 km maka jangan lupa untu kmengganti oli motor shockbreaker khususnya pada bagian depan. Selain membuat motor menjadi empuk, jika di ganti tentunya yang di hasilkan akan terasa lebih nyaman di saat anda mengendarai motor anda sendiri.

Cara Mudah Mengganti Oli Shockbreaker
Cara mengganti oli shockbreaker sendiri sebnarnyna ada banyak cara, akan tetapi pada kesempatan ini kami ingin sharing informasi tentang cara m udah mengganti oli shocbreaker dengan tujuan yaitu mempersingkat waktu dalam pengerjaannya. Sebelum kita melangkah lebih dalam tentang eksperimen mengganti oli shock alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa yang harus kita persiapkan dalam eksperimen kali ini.
Tahap persiapan :
1.    Oli seal, untuk motor RX King harga orinya berkisar antara Rp. 45.000 jadi kalau sepasang Rp. 90.000
2.    Seal dusnya alias penutup sealnya, untuk penutupnya sendiri harganya kurang lebih berkisar Rp. 15.000 jadi kalau sepasang tinggal mengalikan dua saja yakni menjadi Rp. 30.000
3.    Oli shocnya sendiri harganya cuup murah yakni berkisar cuman Rp. 10.000 sudah dapat sepasang kanan dan kiri
Jika persiapan di rasa sudah cukup matang langkah selanjutnya yuk kita meluncur pada bagian eksperimen mengganti oli sochbreaker. caranya simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara mengganti oli shock dan juga seal skoknya :
1.    Tentu saja hal pertama yang harus di lakukan untuk mengganti oli shoc dan juga sealnya adalah buka terlebih dahulu dan copot ban depan, kemudian lepas juga pada bagian spakboard depan supaya lebih mudah dalam penggantian oli shock motor dan juga untuk memasukkan oli shock.
2.    Langkah selanjutnya adalah anda dapat gunakan kunci untuk mengendorkan baut L yang berada di ujung bawah front fork/shock bleker.
3.    Jika pada bagian atas tadi sudah anda kendorin maka langkah selanjutnya adalah anda copot satu persatu shocbekernya.
4.    Jika sudah tercopot maka selanjutnya adalah anda buka baut L yang tadinya di kendorin, langkah selanjutnya tentunya anda harus keluarin semua oli sampai benar – benar keadaan bersih.
5.    Setelah itu anda tarik as shock bleker yang atasnya yang mengkilap sampai copot
6.    Kemudian anda dapat membersihkan dengan menggunakan kain lap yang halus sampai benar – benar bersih.
7.    Jika di rasa sudah bersih maka setelah itu anda periksa pada bagian sealnya, apakah masih bagus atau sudah tidak layak pakai lagi, jikalau terdapat karat atau sudah rusak maka anda dapat mengganti sealnya dengan seal yang baru supaya lebih maksimal dan powerfull.
8.    Jika sudah di bersihkan maka langkah selanjutnya anda dapat memasang kembali as nya pada  bagian bawahnya.
9.    Setelah langkah ke 8 sudah selesai selanjutnya adalah anda tinggal memasukkan oli sealnya lewat baut L yang tadi di copot, usahakan dalam hal ini untuk sesuai dengan takaran / volume oilnya sesuai dengan motor anda.
10.    Jika di rasa sudah pass dan sesuai volume takarannya maka saatnya anda pasang kembali baut nya dan jangan lupa untuk memberikan gasket pada baut supaya oli tidak bocor lagi.
11.    Langkah yang terakhir adalah anda dapat pasang kembali shocbleker pada motor anda.
12.    selesai



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top