Ingin Knalpot Motor Anda Awet??? Ini Tips Trik nya | Knalpot anda ingin awet ??? ikuti cara –
caranya di bawah ini yakni tentang cara merawat knalpot dengan baik dan benar.
1.
Panaskan mesin secukupnya saja,
jangan terlalu lama. Karena untuk knalpot orisini atau standat 4 tak ini
cenderung kering, panas yang di hasilkan mesin dengan cepat akan menimbulkan
karat serta kekuningan karena menempelnya kotoran yang begitu cepat.
2.
Anda bersihkan lubang buang pada
silincer knalpot dengan cara memberikan oli secukupnya saja dalam lubang dalam
waktu dua bulang sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya
pengeroposan pada knalpot bagian silincer maupun leher kenalpot yang dekat dengan
silincer.
3. Akan tetapi jika sudah terlanjur
terjadi korosi pada knalpot maka alngkah baiknya segera anda bersihkan kotoran
yang menempel pada knalpot tersebut dengan cara menyikat dengan sikat yang
masih bagus dan juga kuat. Caranya dengan memanfaatkan detergen yang di oleskan
pada bagian knalpot yang kotor atau berkarat, setelah itu sikat dengan
kuat-kuat. Lebih baik lagi menyikatnya menggunakan sikat kawat agar lebih mudah
dalam membersihkan kotoran atau karat yang menempel pada kanalpot tersebut.
4. Jika pada bagian pipa knalpot
sudah di rasa bersih maka lakukanlah perawatan pembersihkan pada bagian
tersebut yakni dengan cara mengoleskan oli bersih pada leher knalpot dengan
olesan rata. Setelah itu hidupkan mesin secukupnya saja agar oli tersebut menyerap
dan lama kelamaan leher knalpot akan terlihat lebih bersih.
5. Cara yang kelima adalah cara yang
mudah yakni sehabis anda mencuci kendaraan maka lakukanlah pengeringan pada
knalpot ini dengan hati – hati.
6. Apabila knalpot anda berbahan
chrome maka anda lap dengan kain lembuat supaya tidak menimbulkan goresan yang
dapat berakibat kurang baiknya penampilan kendaraan anda
7. Jika karat atau noda yang amat
sangat membandel tak kunjung menghilang maka gunakanlah cairan portex. Karena
dengan cairan ini karat atau korosi yang menempel akan dengan mudah menghilang
akan tetapi untuk penggunaan portex sendir anda harus extra berhati – hati
karena jika cairan ini terkena blok mesin maka akan melunturkan warna blok
mesin.
8. Terakhir, rutin – rutinlah anda
memeriksa kebocoran paking knalpot serta periksa kekencengan baut penyangga
knalpot. Karena jika hal tersebut terjadi maka akan berdampak pada proses
pembuangan gas tidak sempurna yang berakibat borosnya bahan bakar.
Itulah tadi sedikit cara untuk merawat knalpot
agar knalpot anda tetap awet dan tetap enak di pandang sekaligus bunyi yang di
hasilkan sangat enak untuk di dengarkan. Semoga bermanfaat.