Siapa Produsen Motor Terlaris Di Indonesia??? | Baru saja, Asosiasi Industri Sepeda Motor
Indonesia ( AISI ) merilis daftar
produsen kendaraan roda dua terlaris di Indonesia. Catatan daftar tersebut di
rangkum berdasarkan catatan penjualan setiap produsen, dan di kumpulkan menjadi
satu kutipan.
Untuk mengetahui bagaimana pertarungan sengit
dari para produsen asing tersebut, berikut ini kami sajikan daftar produsen
kendaraan roda dua dengan angka penjualan terbanyak di Indonesia :
Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, lewat rilisan
dingin PT. Astra Honda Motor ( AHM ), penjualan unit motor Honda mengalami
kenaikan yang cukup signifikan yaitu pada tahun 2013 mencapai angka 4.700.871
unit motor yang terjual. Di tahun 2014 Naik menjadi 5.055.510 uni motor yang
terjual. Dengan begitu, terjadi peningkatan sebesar 7,5 persen sekaligus
membuat PT. AHM sebagai produsen kendaraan roda dua paling dominan di Indonesia
dengan menguasai pasar sebesar 63,92 persen yang sebelumnya hanya 60,49 persen
di tahun 2013.
Tidak hanya itu, informasi yang lebih menarik adalah telah
tercatat penjualan yang di raih PT. AHM pada tahun 2014 kemarin merupakan angka
tertinggi yang pernah di capai Honda sepanjang sejarah di seluruh dunia. Dengan
demikian, Indonesia menjadi negara teristimewa bagi honda mengingat statusnya
sebagai pemegang rekor lokasi penjualan motor honda yang paling spesial di
banding negara lainnya.
Di peringkat selanjutnya, di huni oleh PT Yamaha Indonesia
Motor Manufacturing. Dengan total penjualan di tahun 2014 mencapai 2.390.902
unit, yang sebelumnya pada tahun 2013 mencapai angka 2.495.796 unit. Angka
tersebut turun 4,2 persen. Dengan begitu berdampak pada pangsa pasar yang
sedikit terkikis yang semula 32,12 persen di tahun 2013 menjadi 30,23 persen di
tahun 2014
Tidak jauh berbeda dengan Yamaha, Penghuni peringkat ke
tiga SUZUKI ini juga mengalami penurunan
yang cukup drastis yang semula mencapai penjualan sebanyak 400.675 unit pada
tahun 2013 berubah menjadi 275.184 unit motor Suzuki yang terjual pada tahun
2014. Melihat kondisi tersebut mau tidak mau terpaksa menurunkan pangsa pasar
Suzuki di Indonesia yang tadinya di tahun 2013 mencapai 5,16 persen menurun
menjadi 3,48 persen.
Setelah posisi
pertama di isi Honda, posisi kedua di huni Yamaha, posisi ke tiga tinggali Suzuki,
sedangkan di posisi empat ada Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Penjualan
kawasaki sendiri mengalami kenaikan dengan total penjualan sebanyak 165.231
unit, hal tersebut berarti kawasaki telah berhasil menaikkan angka penjualannya
sekitar 7,4 persen dari pencapaian yang sebelmnya di raih di tahun 2013 hanya
mencapai 153.807 unit. Hal ini membuat kawasaki membesarkan pangsa pasar
sebesar 2,09 persen.
Di urutan paling akhir ada TVS, secara keseluruhan dapat di
ketahui bahwa produsen yang satu ini sukses mencatat penjualannya sebesar
22.114 unit. Jumlah tersebut naik sebesar 12,8 persen jika di bandingkan dengan
tahun 2013 yang hanya mampu mencoret angka penjualan sebanyak 19.865 unit saja.
TVS sendiri berhasil meraih pangsa pasar sebesar 0,28 persen.