Rantai Motor Anda Berisik??? Ini Penyebab Dan Solusinya

Rantai Motor Anda Berisik??? Ini Penyebab Dan Solusinya

Rantai merupakan sebuah komponen dari beberapa komponen yang terdapat dalam kendaraan sepeda motor atau yang lainnya akan tetapi sepeda motor dalam hal ini yang bersegmen bebek bukan segmen matic. Jika semua komponen mempunyai resiko rusak sama halnya dengan Rantai motor, rantai motor beresiko selain putus adalah keluarnya bunyi berisik. Pada kali ini kami akan membeberkan informasi tentang penyebab dan cara mengatasi rantai yang berisik. 

Rantai Motor Anda Berisik??? Ini Penyebab Dan Solusinya

Sebelum kita melangkah ke bagian penyelesaian lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang apa sih penyebab dari rantai berisik??? Penyebab dari munculnya suara berisik yang terdapat pada rantai umumnya di sebabkan karena merenggangnya rantai, fir yang menjadi tajam dan goyang karena pemakaian.

Jika kita amati secara lebih meluas memang hal lebih mudah untuk mengatasi komponen yang mau rusak adalah menggantinya dengan komponen yang baru. Hal tersebut adalah cara yang termudah. Akan tetapi harga yang lumayan mahal dan harga tersebut mampu menguras dompet membuat para pengguna motor yang mengalami berisik rantai menunda penggantian dan pasrah dengan suara yang berisik pada rantai tersebut.

Ada beberapa hal untuk cara mengatasi rantai yang merenggang. Biasanya musibah ini sering terjadi pada motor Honda Tiger. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memotong rantai tersebut. Lebih jelasnya, anda ukur terlebih dahulu rantainya setelah itu potong sesuai dengan panjang standarnya. Kemudian setelah panjang sudah di dapat, sambung kembali rantai tersebut dengan penyambung rantai yang banyak tersedia di toko motor atau bengkel – bengkel terdekat. Jangan lupa untuk melumasi rantai dengan oli atau minyak pelumas rantai.

Sedangkan untuk masalah gir rantai yang bergoyang langkah yang dapat harus anda lakukan adalah. Anda lepas roda belakang motor setelah itu lepas seal / pengait yang menempel pada ass roda. Kemudian setelah terlepas, anda lepas gir rantai dari dudukannya yang di dalamnya terdapat 4 buah lubang. Setelah itu lubang tersebut anda sisipkan ring biasa atau ring karet.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan lebih dalam yakni ketebalan dari ring tersebut, agar seal / pengait ass dapat tetap terpasang dengan baik. Setelah ring terpasang dengan baik, pasanglah kembali roda gigi pada tempatnya berikut seal / pengait ass. Setelah terpasang, periksa kembali roda gigi yang telah di pasang, apakah masih bergoyang atau tidak. Jika tidak syukurlah anda telah menyelesaikan masalah ini akan tetapi jika masih bergoyang lepaskan kembali dan periksa ring yang anda pasang.

Setiap solusi pasti ada jangkanya, sama hal nya dengan informasi kali ini. Agar masih tetap bagus rutinlah untuk mengecek keadaan rantai motor anda. semoga bermanfaat.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top