Cara Mudah Menyetel Rantai Motor Anda Sendiri

Cara Mudah Menyetel Rantai Motor Anda Sendiri

Menyetel rantai, merupakan sebuah hal yang rutin di lakukan pada setiap kendaraan roda yang masih menggunakan sistem penggerak roda menggunakan rantai. Sebenarnya, untuk menyetel rantai motor tidaklah terlalu sulit untuk di lakukan, tidak seperti yang anda bayangkan pada umumnya yang katanya menyetel motor perlu keahlian khusus. Hal ini pun juga dapat di lakukan sendiri asal ada kemauan, lantas bagaimana jika tidak mempunyai peralatannya??? Umumnya di saat kita membeli sepeda motor maka akan dikasih beberapa, dimana kunci inilah berfungsi menyetel rantai motor lain sebagainya.

Untuk itu anda dapat membeli kunci yang pas untuk mengendorkan baut pada as roda bagian belakang atau juga meminjam kunci tetangga sebentar saja. Berikut ini adalah cara – cara menyetel rantai motor dengan sangat mudah. Berikut ulasan selengkapnya.

1.    Hal pertama kali yang harus anda lakukan adalah mengendorkan terlebih dahulu baut yang terdapat pada as roda belakang, untuk mengendorkan bautyang terdapat pada as roda anda gunakan kunci ring berukuran 19 dan juga 14 untuk motor bebekhonda atau ukuran kunci 17 dan juga 14 untuk bebek, untuk ukuran kunci 17 dan 19 di gunakan untuk melepaskan baut as roda motor bebek Yamaha.

2.    Setelah baut as di rasa sudah kendor, langkah selanjutnya adalah kencangkan baut setelah rantai yang berada di dekat rantai. Anda dapat kencangkan dengan menggunakan kunci ukuran 12 ataupun 10 atau kadang kombinasi keduanya, kemudian setelah di kencangkan anda coba lihat kembali sudah pas ataukah belum, jika di rasa sudah sesuai yang di inginkan anda dapat mengencangkan kembali. 

Cara Mudah Menyetel Rantai Motor Anda Sendiri

3.    Kemudian anda dapat melihat terlebih dahulu setelan anda apakah sudah pas atau belum, jikalau masih belum pas anda dapat kendorkan lagi baut untuk menyetel rantai tadi. Usahakan untuk menyamakan garis indikatornya misalkan pada bagian kanan 2 dan juga bagian kiri 2. Halini bertujuan agar ban motor anda mendapat posisi center. Sebuah hal yang tidak mungkin terjadi bila habis setel rantai posisi ban motor malah melenceng ke  kiri atau ke kanan, merupakan sebuah hal yang aneh bukan.

4.    Setelah langkah 2 dan juga 3 di rasa sudah pas maka anda dapat mengencangkan kembali baut as roda belakang tersebut menggunakankunci yang anda pakai sebelumnya.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top