Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Memang, kalau bicara soal berkendara dengan motor kopling itu agak – agak susah. Mengapa ada kata susahnya??? Ya, di karenakan pola pengoperan gigi pada motor sport di bandingkan sama motor bebek jelas jauh berbeda. Jika motor bebek pola pengoperan giginya bisa di bilang gampang akan tetapi motor sport jika belum tahu akan sangat sekali membingungkan kita. Selain itu, yang biasanya tinggal injak pedal transmisi buat oper gigi, untuk yang kali ini harus menggunakan pedal kopling yang ada di tangan bagian kiri agar dapat berpindah ke oper gigi selanjutnya. Bagaimana menurut Anda ribet atau tidak???

Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Kalau anda memang benar – benar pemula pada motor sport kami sarankan agar mencari pendamping untuk menemani belajar motor sport deah, karena jika belajar sendiri akan berbahaya bagi kita apa lagi belajarnya di tempat ramai seperti jalan raya. Bisa – bisa selain membahayakan diri kita sendiri juga membehayakan pengendara orang lain tuh. 

Sebelum meluncur naik motor sport alangkah baiknya mempelajari hal – hal yang harus anda tahu. Yakni pelajarilah dulu jenis penggunaan gigi di bagian kaki kiri, cara mengopernya bagaimana. Ada dua macam sistem rotari yakni N – 1 – 2 – 3 – 4 dan juga ada 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5.
 
Untuk tipe N – 1 – 2 – 3 – 4 gampang untuk di pelajari. Caranya, cukup tarik tuas kopling lalu injak ke depan untuk naik gigi dan injak kebelakang untuk turun gigi. Sistem ini terdapat pada motor seperti Jupiter MX.
 
Untuk tipe 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 gampang – gampang susah. Cara mempelajarainya adalah untuk naik gigi 1 injak ke depan dengan cara injak tuas ke depan. Untuk naik gigi dari 2 sampai 5 anda injak ke belakang. Lalu untuk penurunan gigi cukup anda injak ke depan, sedangkan untuk menetralkan ketika kita injak ke depan sudah tidak ada rasa berat maka kita injak kebelakang lagi akan tetapi hanya ½ saja untuk menginjaknya.
 
NB: JANGAN LUPA UNTUK SETIAP PENGOPERAN GIGI TUAS KOPLING DI TANGAN HARUS DI TEKAN.
 
Jika masih bingung ini cara gampangnya :
1.    Pastikan gigi pada keadaan Netral biasanya di tandai dengan huruf N
2.    Tekan + tahan tuas kopling di tangan sebelah kiri
3.    Injak pedal gigi untuk mengoper ke gigi 1
4.    Lepas tuas kopling yang ada di tangan secara perlahan + di barengi dengan memutar handle gas untuk menjalankan motor, ingat pada pemutaran handle gas cukup sedikit saja jangan terlalu banyak.
5.    Jika ingin mengoper gigi selanjutnya caranya sama dengan cara di atas akan tetapi berbeda pada pengoperannya. Pada gigi 2 – 5 pengoperan gigi yang di injak pada bagian belakang.
6.    Jangan lupa untuk setiap kali ingin berhenti, anda harus menahan tuas kopling.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top