Tips Dan Trik Memililh Ban Motor Anda Saat Musim Hujan

Tips Dan Trik Memililh Ban Motor Anda Saat Musim Hujan

Jika musim hujan datang, ada yang mengatakannya musim yang sangat nikmat untuk di nikmati akan tetapi ada juga yang mengatakan sebaliknya. Bagi para bikers mungkin hal ini agak sedikit menjadi hambatan di karenakan ketika melakukan perjalanan jauh atau ritual touring, mungkin hujan akan sedikit mengganggu perjalanan. Pasalnya ketika hujan menerpa mau tidak mau harus memakai jas hujan agar tidak basah sampai di tujuan. Bukannya hal tersebut sebuah halangan. 

Tips Dan Trik Memililh Ban Motor Anda Saat Musim Hujan

Bagi riders saat musim hujan dalam penggunaan sekaligus pengecekan ban memang sangat perlu di perhitungkan. Sebab, jika hal ini di sepelekan begitu saja bahaya sekali peristiwa yang akan terjadi yakni jika bagi kita sebagai bikers yang suka kebut + bermanuver di jalanan bahasa, tanpa kita sadari ternyata sudah badan kita sudah di peluk aspal. Sangat rugi bukan jika hal tersebut sampai terjadi pada kita.

Dalam musim hujan, jika kita asal menggunakan ban macam apapun yang penting ban, dapat di pastikan akan tergelincir di jalan kecuali berkendaranya hanya berkecepatan 20 km/jam. Hal tersebut di sebabkan karena daya cengkram ban kurang efektif. Berikut cara memilih ban saat musim hujan

1.    Jangan menggunakan ban dengan tapak kecil.
Hal ini memang mengurangi konsumsi bahan bakar motor kita karena tarikan motor menjadi enteng akan tetapi jika saat musim hujan penggunaan ban dengan tapak kecil dengan sangat mudah akan tergelincir. Berbeda dengan ban tapak sedang , memang penggunaan ban besar agak memberatkan mesin sekaligus jiika sudah memberatkan mesin akan menambah konsumsi bahan bakar. Akan tetapi dengan penggunaan ban ber tapak sedang akan aman, karena selain tidak terlalu boros, daya cengkramnya terhadap aspal lebih baik.

2.    Pilih tipe ban basa
Di saat anda akan membeli ban alangkah baiknya anda bertanya dulu kepada montir tokonya untuk memilihkan ban dengan tipe basah. Memakai ban basah berarti hanya di musim hujan aja?? Tidak, ban bertipe basah juga bisa di pakai dalam keadaan jalanan yang kering karena masih memiliki grip yang tinggi di lintasan kering. Ban dengan tipe ini sangat cocok untuk motor harian yang di gunakan di segala medan.

3.    Tekanan angin yang tepat
Hal ini tidak kalah pentingnya dengan 2 hal di atas. Jika teknan angin pada ban terlalu banyak maka titip tumpunya akan semakin kecil, alhasil daya cengkramnya kurang. Sebaliknya jika tekanan angin terlalu kurang tekanan daya cengkramnya lebih baik. Jadi sesuaikan angin pada ban dengan baik.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top