Besi merupakan unsur yang paling mendominasi di berbagai sederet komponen yang ada pada motor yang rentan terhadap karat atau korosi. Di tambah bila terkena air setelah itu lekas di bersihkan. Atau juga karat terjadi karena adanya proses oksidasi pada besi. Proses oksidasi inilah yang di sebabkan karena adanya reaksi besi dan oksigen atau dengan air. Jadi, untuk mencegah hal ini terjadi yakni karat sebenarnya cukup lah mudah, yaitu hanya dengan menjaga agar sepeda motor kita tidak berhubungan langsung dengan air atau oksigen secara langsung. Akan tetap hal tersebut sangatlah tidak mungki untuk di lakukan, sebab air dan oksigen selalu berada di manapun kita berada. Lantas apa yang dapat di lakukan??? Yang dapat kita lakukan adalah hanya menimalisir terjadinya karat di sepeda motor kita.
Yang paling mudah di ketahui pertama adalah pada gear set atau set rantai dan spocket. Gear set ini sering menjadi tempat terjadinya korosi jika tidak di lumasi secara rutin. Korosi ini sendiri akan semakin mudah menempel pada besi motor kita di saat pas waktu musim hujan. Karena gear set akan sering bersentuhan dengan air hujan sendiri. Oleh karena itu apabila pelumas yang terdapat pada gear set ini di kikis dan kemudian habis, maka besar kemungkinan akan terjadinya korosi pada motor kita. Cara mengatasi masalah ini adalah hanya dengan melumasi gear set dengan oli atau chain lube secara rutin. Bila di rasa sudah mulai habis maka segeralah melumasi kembali. Coba cek motor anda sekarang pada bagian gear spocket??? Masih kental atau sudah mulai keringkah???
Yang kedua selain korosi terjadi pada gear spocket ternyata velg jari – jari juga menjadi sasaran oleh korosi. Korosi terjadi pada jari – jari nya dan di dalam velg. Pada jari – jari terjadi karena adanya air yangmenempel pada jari – jari dapat bereaksi sehingga merusak lapisan pelindung, apabila lapisan pelindung tersebut rusak maka korosi akan menempel pada velg motor kita. Di bagian velgnya ini sendiri terjadi karena adanya air yangmeresap melalui celah – celah antara jari – jari dan velg. Hal ini sangatlah sulit di deteksi karena korosi akan terjadi di dalam velg.
Menurut Yohanes Bram Erlangga, Service Engineer PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Motor, cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara membersihkan velg secara rutin. Jangan sampai basah terlalu lama, setelah kehujanan segera bersihkan dengan air bersih setelah itu di lap sampai kering. Untuk pencegahan pada musim hujan anda dapat menambahkan sedikit oli pada sambungan – sambungan antara velg dan juga jari – jari.
Masih ada lagi sasaran korosi, yakni sasaran selanjutnya adalah standar tengah dan samping yang juga tak lepas dari gangguan korosi. Pada standar tengah, terkhusus pada sepeda motor yang usianya menginjak lebih dari 2 tahun. Pada usia tersebut umumnya rantai roda sudah mengalami kemoloran dan akan bersentuhan dengan standar tengah. Kontak inilah yang menggeesek standar tengah dan mengelupas catnya. Cara mengatasi hal ini yakni dengan menjaga gear set dalam kondisi standar, maksudnya adalah menjaga kerenggangan rantai sesuai standar. Perlu di perhatikan apabila ternyata cat standar tengah sudah terkikis, maka lakukanlah pengecetan dengan cat semprot hitam. Ingat, jangan sampai mengenai parts yang lain. Begitupun juga dengan standar samping yang terkikis karena pengendara, lakukan juga pengecetan seperlunya saja.
Yang kedua selain korosi terjadi pada gear spocket ternyata velg jari – jari juga menjadi sasaran oleh korosi. Korosi terjadi pada jari – jari nya dan di dalam velg. Pada jari – jari terjadi karena adanya air yangmenempel pada jari – jari dapat bereaksi sehingga merusak lapisan pelindung, apabila lapisan pelindung tersebut rusak maka korosi akan menempel pada velg motor kita. Di bagian velgnya ini sendiri terjadi karena adanya air yangmeresap melalui celah – celah antara jari – jari dan velg. Hal ini sangatlah sulit di deteksi karena korosi akan terjadi di dalam velg.
Menurut Yohanes Bram Erlangga, Service Engineer PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Motor, cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara membersihkan velg secara rutin. Jangan sampai basah terlalu lama, setelah kehujanan segera bersihkan dengan air bersih setelah itu di lap sampai kering. Untuk pencegahan pada musim hujan anda dapat menambahkan sedikit oli pada sambungan – sambungan antara velg dan juga jari – jari.
Masih ada lagi sasaran korosi, yakni sasaran selanjutnya adalah standar tengah dan samping yang juga tak lepas dari gangguan korosi. Pada standar tengah, terkhusus pada sepeda motor yang usianya menginjak lebih dari 2 tahun. Pada usia tersebut umumnya rantai roda sudah mengalami kemoloran dan akan bersentuhan dengan standar tengah. Kontak inilah yang menggeesek standar tengah dan mengelupas catnya. Cara mengatasi hal ini yakni dengan menjaga gear set dalam kondisi standar, maksudnya adalah menjaga kerenggangan rantai sesuai standar. Perlu di perhatikan apabila ternyata cat standar tengah sudah terkikis, maka lakukanlah pengecetan dengan cat semprot hitam. Ingat, jangan sampai mengenai parts yang lain. Begitupun juga dengan standar samping yang terkikis karena pengendara, lakukan juga pengecetan seperlunya saja.