Varian transmisi otomatis memang mengjadi raja di pasar mobil Indonesia. Memang jika di lihat dari segi penggunaan mobil matik jauh dan sangat jauh lebih mudah di gunakan sehingga dapat di gunakan oleh semua kalangan, di tambah mereka yang berada di perkotaan dengan jalanan yang sering macet tentu menggunakan mobil matik sedikit mudah dan dapat sedikit mengurangi stres.
Secara umum mengendarai mobil matik hanya tinggal memainkan rem dan juga gas saja, berbeda dengan mengendarai mobil transmisi manual yang sedikit ribet pengoperasiannya. Dengan tersebut, tidak heran jika masyarakat perkotaan jauh lebih memilih untuk membeli mobil matik karena di anggap lebih enak walaupun jika di amati secara harga sedikit lebih tinggi jika di bandingkan dengan mobil versi transmisi manual.
Walaupun versi matik mulai menguasai pasar mobil akan tetapi terdapat beberapa kekurangan yang terdapat pada mobil matik ini, salah satu di antara kekurangannya adalah kampas kopling yang lebih cepat habis. Hal tersebut terjadi di sebabkan terlalu sering melakukan perpindahan tuas transmisi sehingga oli di bagian tersebut cepat habis. Bahkan tidak jarang pula hal tersebut di akibatkan oleh kesalahan penggunaanpengemudi, di tambah dengan kondisi jalanan yang macet semakin memperparah kondisi kampas kopling mobil itu sendiri.
Maka melihat tersebut di sarankan bagi pemilik mobil matik untuk menggunakan metode seusai dengan kondisi jalanan. Jika jalanan yang di lewati sedang terjadi peristiwa macet maka sebaiknya untuk memilih posisi pada transmisi N (Netral). Sedangkan jika sudah mulai maju dengan ormal pindah ke mode D (Drive)dan apabila tengah parkir maka di sarankan untuk memindahkan transmisi ke posisi P (Parking).
Perlu di ketahui, bawasannya untuk mengagnti atau memindah posisi transmisi juga harus di lakukan secara halus dan tepat agar kampas kopling lebih awet. Jika salah dalam penggunaan maka biaya untuk menggantinyapun tidaklah murah sehingga sangat di sayangkan sekali apabila kendaraan otomatis tersebut rusak karena kesalahan oleh pemiliknya itu sendiri.
Terlalu sering melakukan engine brake secara berlebihan ternyata cara ini dapat membuat rusak kampas kopling serta sistem pengereman pada mobil matik. Jadi untuk menghindari kejadian seperti ini di sarankan melaju dengan kecepatan sedang sehingga apabila suatu saat terdapat kendaraan lain yang melakukan pengereman secara mendadak maka sudah siap untuk menginjak rem dengan tepat waktu.
Walaupun versi matik mulai menguasai pasar mobil akan tetapi terdapat beberapa kekurangan yang terdapat pada mobil matik ini, salah satu di antara kekurangannya adalah kampas kopling yang lebih cepat habis. Hal tersebut terjadi di sebabkan terlalu sering melakukan perpindahan tuas transmisi sehingga oli di bagian tersebut cepat habis. Bahkan tidak jarang pula hal tersebut di akibatkan oleh kesalahan penggunaanpengemudi, di tambah dengan kondisi jalanan yang macet semakin memperparah kondisi kampas kopling mobil itu sendiri.
Maka melihat tersebut di sarankan bagi pemilik mobil matik untuk menggunakan metode seusai dengan kondisi jalanan. Jika jalanan yang di lewati sedang terjadi peristiwa macet maka sebaiknya untuk memilih posisi pada transmisi N (Netral). Sedangkan jika sudah mulai maju dengan ormal pindah ke mode D (Drive)dan apabila tengah parkir maka di sarankan untuk memindahkan transmisi ke posisi P (Parking).
Perlu di ketahui, bawasannya untuk mengagnti atau memindah posisi transmisi juga harus di lakukan secara halus dan tepat agar kampas kopling lebih awet. Jika salah dalam penggunaan maka biaya untuk menggantinyapun tidaklah murah sehingga sangat di sayangkan sekali apabila kendaraan otomatis tersebut rusak karena kesalahan oleh pemiliknya itu sendiri.
Terlalu sering melakukan engine brake secara berlebihan ternyata cara ini dapat membuat rusak kampas kopling serta sistem pengereman pada mobil matik. Jadi untuk menghindari kejadian seperti ini di sarankan melaju dengan kecepatan sedang sehingga apabila suatu saat terdapat kendaraan lain yang melakukan pengereman secara mendadak maka sudah siap untuk menginjak rem dengan tepat waktu.