Tips Cara Merawat Motor Di Musim Hujan [Lengkaappp]

Tips Cara Merawat Motor Di Musim Hujan [Lengkaappp]

Tips Cara Merawat Motor Di Musim Hujan  | Merawat sepeda m otor saat musim hujan datang adalah sebuah hal yang wajib di lakukan supaya motor selalu dalam peforma baik dan tetap kinclong tentunya pada bagian penampilan. Akan tetapi banyak orang yang melupakan masalah ini, jika hal ini di lupakan begitu saja, maka tidak lama motor anda akan terlihat lebih kusam dan peforma bagusnya pada bodi akan menurun. Sangat di sayangkan bukan jikalau hal ini iterjadi pada motor kita. Maka dengan lantaran tersebut disini kami akan merangkum informasi tentang tips cara mudah merawat motor saat musim hujan. Berikut ulasannya....

Tips Cara Merawat Motor Di Musim Hujan [Lengkaappp]

1.       Cuci motor anda, Hal ini harus di lakukan jika lau sepeda motor anda terkena air hujan. Hal ini karena air hujan mengandung zat asam yang dapat merusak cat body motor anda. Cara ini di lakukan dengan tujuan untuk membersihkan atau menghilangkan kotoran yang menempel pada bagian bodi motor ataupun komponen penting lainnya yang terdapat pada motor anda.

2.       Rantai motor harus di bersihkan, Tips yang kedua adalah anda berishkan pada komponen rantai motor. Jika hal ini anda biarkan begitu saja tanpa di bersihkan maka rantai akan cepat berkarat. Akan tetapi jika minyak rantai masih bekerja dengan benar pada rantai motor anda maka hal ini tidak harus sesering mungkin untuk di lakukan karena minyak rantai juga berfungsi menjaga karat menempel pada rantai motor anda.

3.       Kanvas rem atau piston cakram harus di bersihkan, hal ini di lakukan dengan cara menyemprot bagian kanvas rem dengan air bersih setelah itu nyalakan motor kemudian sambil menginjak pedal rem, agar seputar rem lebih cepat kering dan juga bersih dari kotoran akibat terkena genangan air. Mengapa demikian, karena komponen yang satu ini  sangat mudah mengembang bila terkena air terlalu lama dan akan mudah mengeras jika sudah kering di karenakan bahas kampas rem sendiri terbuat dari bahan asbes.

4.       Knalpot motor, hal ini juga harus di lakukan pembersihan karena bila terlalu lama dan banyak kotoran yang menempel akan berdampak keropos dan mudah berkaratnya knalpot. Cara membersihkannya adalah ketika selesai mencuci motor dengan bersih, anda panaskan mesin motor beberapa menit. Kalau keadaan di dalam knalpot anda sudah kering silahkan semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan jangan lupa untuk di olesi pada bagian leher knalpot dengan grease. Setelah itu panaskan lagi mesin motor anda.

5.       Saringan udara, terakhir yang anda harus bersihkan adalah pada komponen saringan udara. Hal ini harus di lakukan karena saringan udara juga berpengaruh pada sistem pembakaran mesin. Apabila musim hujan data dan anda sering berkendara melewati genangan air serta guyuran air hujan maka sebaiknya anda sesering mungkin melakukan pembersihan pada saringan udara.
Itulah tadi informasi tentang tips cara mudah merawat motor agar tetap bagus di saat musim hujan yang berhasil kami rangkum. Semoga rangkuman informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top