Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic Sendiri

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic Sendiri

Dalam melakukan eksperimen penggantian oli terdapat beberapa hal yang harus anda lakukan dalam melakukan hal ini. Di antara hal tersebut adalah seperti :
-    Oli mototr, yang di rekomendasikan pabrik. Jika motor anda bermerek Yamaha maka umumnya menggunakan oli motor Yamalub. Jika motor anda beremerek Honda maka anda dapat menggunakan oli AHM. Jika masih bingung gampang saja, ketika anda membeli oli maka tanya saja pada penjual oli terbaik buat motor saya apa mereknya.
-    Kunci 12 yang di gunakan untuk membuka baut ring 12 yang terdapat pada mesin motor
-    Tempat untuk pembuangan oli motor, anda dapat gunakan wadah atau tempat apapun yang sudah tidak di gunakan lagi, tujuan dari ini adalah hanya untuk pembuangan oli yang terdapat pada mesin motor.
-    Corong, alat ini nantinya akan di gunakan untuk menuangkan oli motor ke dalam mesin.

Jika sudah melakukan persiapan dan juga alat – alat yang di butuhkan sudah komplit. Yapz, kita melangkah lebih dalam lagi yuk tentang cara penggantian oli motor step demi step. Berikut ulasannya.

Langkah 1

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic Sendiri

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda keluarkan motor anda dari bagasi, posisikan motor dengan menggunakan standart tengah, setelah itu siapkan wadah untuk menampung oli motor bekas yang akan anda keluarkan dari tempat pembuangannya. Dimana seblumnya kita sudah mempersiapkan baskom ataupun penampung apapu yang dapat di gunakan.

Langkah 2
Selanjutnya anda dapat membuka baut pembuangan menggunakan kunci 12 yang posisi bautmotor biasanya terletak pada bagian bawah sebelah kiri menghadap ke samping. Anda dapat cari terlebih dahulu letak posisi lubang pembuangan oli motor tersebut. Jika sudah bertemu maka anda dapat melepas dengan cara memutar baut pembuangan ke kiri atau orang menyebut melawan arah jarum jam.

Jika baut sudah dalam keadaan lepas, biarkan oli keluar dengan sendirinya sampai benar – benar habis. Jika perlu anda miringkan posisi motor anda ke kiri agar oli yang ada di dalam mesin habis terkuras keluar, usahakan benar – benar habis dan tidak ada lagi tetesan oli yang keluar lagi. 

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic Sendiri

Setelah di rasa oli lhabis dan tidak keluar lagi. Selanjutnya anda tutup kembali baut pembuangan tersebut menggunakan kunci ukuran 12 dengan memutar ke kanan. #tips, jika mempunyai kompresor maka anda dapat menggunakan kompresor tersebut untuk membersihkan oli sampai habis tuntas, karena kompresor umumnya mempunyai tekanan angin yang besar yang dapat kita manfaatkan untuk mengeluarkan semua oli yang terdapat pada motor.

Langkah 3

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Matic Sendiri

Jika sudah anda buka tempat pengisian oli mesin motor yang biasanya terletak pada sebelah kanan di bagian bawah step. Menggunakan obeng (-) yang berada di samping kanan dekat kipas mesin, untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar di bawah ini. Puter arah kiri untuk membukanya.

Langkah 4
Langkah selanjutnya setelah tempat pengisian sudah terbuka anda siapkan corong yang sudah anda persiapkan sebelumnya, jika anda tidak mempunyai corong anda dapat membeli di bengkel terdekat, corong ini nantinya akan di gunakan untuk mengarahkan aliran oli ke dalam mesin supaya tidak tumpah. Karena lubang yang terdapat pada oli mesin sendiri sangat kecil dan juga agak mencorong ke bawah sekaligus sempit. Maka di sini sangatlah di anjutkan untuk menggunakan corong supaya lebih mudah dalam pengisian oli motor.

Langkah 5
Langkah terakhir yakni anda masukkan oli yang sudah anda beli tersebut ke dalam bak mesin motor yang barusan kita buka tadi. Tuangkan sampai bersih dan tidak ada sisa tetesan terakhir. Jika sudah habis maka anda dapat menutup kembali baut tempat pengisian oli tersebut. Semoga bermanfaat.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top