Cara Terampuh Merawat Aki Motor Agar Tetap Prima Dan Tahan Lama

Cara Terampuh Merawat Aki Motor Agar Tetap Prima Dan Tahan Lama

Aki merupakan sebuah komponen yangsudah pasti terdapat pada setiap kendaraan roda dua. Aki sendiri sangat berpengaruh terhadap kendaraan, jikalau aki dalam keadaan normal dan baik pastinya semua komponen akan berjalan dengan baik. Akan tetapi jika aki dalam keadaan kurang sehat maka alhasil terdapat komponen yang akan tidak berjalan dengan semestinya. Misalkan electric starter yang mulanya normal seperti biasa akan berubah tidak dapat di jalankan seperti semula. Oleh karena itu maka di perlukan sebuah perawatan terhadap aki. Aki sendiri mempunyai 2 jenis yakni aki basah dan juga aki kering. Perawatan dari kedua jenis aki ini mempunyai perawatan yang berbeda. Berikut ini adalah rangkuman tentang cara perawatan aki basah dan juga aki kering.

1.    Aki Basah

Untuk aki basah sendiri membutuhkan perawatan super extra, karena jika aki basah tidak di lakukan chek atau tidak di rawat maka alhasil akan mengakibatkan aki cepet rusak ataupun cepet soak. Di saat kita melakukan service di bengkel remi umumnya mekanik motor selalu melakukan pengecekan terhadap air aki. Jikalau air aki telah berkurang maka mekanik tersebut langsung menambahkan air akinya. Akan tetapi jikamekanik motor tersebut lupa melakukan ceking aki anda jangan segang – segan untuk bilang ke mekanik tersebut buat nambahkan air aki.
 
Selain itu kita juga dapat melakukan ceking aki sendiri. Untuk jadwalnya dapat di lakukan setiap satu minggu sekali, untuk melihat masih ataukah sudah habis air akidapat anda lihat pada gambar di bawah ini:
 
Cara Terampuh Merawat Aki Motor Agar Tetap Prima Dan Tahan Lama

Pada gambar di atas menunjukan bahwa posisi ketinggian air aki di bawah “lower” berarti air aki tersebut mesti anda tambah sampai batas maksimal yakni “Upper”, jangan berlebihan saat mengisi air aki. Karena jika berlebihan maka akan menyebabkan aki menjadi soak. Tidak maukan hal ini terjadi pada aki anda.

2.    Aki kering

Pada saat ini kebanyakan dari motor –motor sekarang telah menggunakan air jenis aki kering. Terutama yang menggunakan sistem injeksi dan rata – rata menggunakan aki kering kalau bahasa resminya namanya aki MF. Lantas bagaimana cara perawatannya???
 
Untuk perawatan aki kering ini sendiri sebenarnya cukup lah mudah,yang perlu anda lakukan adalah sesering mungkin untuk memanasi mesin sepeda motor, terutama saat motor jarang di pakai, atau saat pagi sebelum aktivtas anda lakukan. Untuk memanasi motor jika motor anda bebek maka umumnya dengan mematikan kontak terlebih dahulu setelah itu anda engkol sekitar 5 kali, selanjutnya anda hidupkan kontak motor baru anda lakukan engkol kick starter. Untuk jangkapemanasan motor kurang lebih anda lakukan selama 5-7 menit agar membuat aki motor lebih siap dan awet di gunakan. Selain itu jika untuk motor jenis matic langkah pemanasannya sama saja dengan motor bebek.
 
Bagaimana ??? cukup mudah bukan untuk merawat aki motor supaya lebih prima dan awet. Demikian informasi tentang tips ampuh cara merawat aki. Semoga bermanfaat.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top