Sebelum Mengganti Rantai Motor, Perhatikan Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu

Sebelum Mengganti Rantai Motor, Perhatikan Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu

Rantai Motor merupakan sebuah komponen atau bagian terpenting dalam sebuah kendaraan roda dua yang masih menggunakan sistem penggerak roda berupa rantai. Rantai sendiri berfungsi untuk membuat motor berjalan, tanpa komponen yang satu ini motor tidak akan berjalan sedikitpun. Selain fungsi tersebut rantai juga dapat untuk menyalutkan tenaga dari mesin ke bagian kaki – kaki alias ban motor. Pada kali ini kami akan sharing rangkuman tentang hal – hal yang perlu diperhatikan dalam penggantian rantai. Berikut ulasan selengkapnya tentang tips Mengganti rantai motor.

Sebelum Mengganti Rantai Motor, Perhatikan Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu

1.    Jangan Memotong Rantai
Memotong rantai, mungkin banyak dari kita yang salah paham bahwa untuk merawat rantai motor yaitu harus memotong rantai motor. Melakukan hal ini pun ada beberapa alasan, salah satu alasannya adalah karena saat rantai motor sudah kendor dan juga posisi atau batas pengaturan kekencengan sudah maksimal, maka umumnya kebanyakan orang melakukan hal ini yakni pemotongan rantai agar kondisi rantai motor tidak kendor lagi. Sebenarnya memotong rantai tidaklah terlalu bahaya, karena dulu juga sudah pernah melakukan pemotongan rantai motor khususnya Honda GL Max.

2.    Ganti Satu Set Dengan Gear Motor
Apabila rantai motor sudah di rasa kendor dan juga pengaturan kekencangan sudah tidak maksimal lagi selain itu anda dapat lihat juga pada gear motor apakah sudah tajam dan juga apakah sudah ada yang patah atau mauhabis. Jika rantai motor dan juga gear anda mengalami hal seperti ni maka anda harus menggantinya dengan yang baru. hal ini di lakukan karena rantai morot yang kendor dan juga gear motor yang habis akan menyebabkan rantai lepas dari gear

3.    Gunakan Rantai Motor Dan Merk Gear Yang Sama
Pada saat memilih jenis rantai dan gear yang akan di pakai sebaiknya anda menggunakan merek yang sama yang umumnya di jual di bengkel – bengkel terdekat, karena ada juga bengkel yang menjual terpisah dan ada pula bengkel yang menjual satu set. Nah dalam hal ini sebaiknya anda pilih yang satu set. Karena jika berbeda merek komposisi bahan pembuatannya juga berbeda. Dengan begitu hal ini dapat menyebabkan rantai atau gear salah satunya ada yang kalah karena kekuatannya yangberbeda. Dengan begitu maka sebaiknya anda ganti rantai dan juga gear motor anda menggunakan merek yang sama atau di kenal dengan istilah satu set.
Sekedar tambahan referensi yang kami kutip dari situs Honda
1.    Hindari melakukan akselerasi dan mengganti gigi persneling secara kasar, karena akan memperpendek usia logam rantai.
2.    Hindari pemotongan rantai dengan alasan biaya karena ranai yang sudah mulur beresiko putus sewaktu – waktu sehingga membahayakan keselamatan pengendara.
3.    Penggantian parsial rantai roda saja atau gir saja dapat menyebabkan memperpendekusia pakar partsyang baru
4.    Gunakan rantai roda set honda untuk menghemat dan juga biaya perawatan.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top