Tips Trik Berkendara Saat Jalanan Banjir [Wajib Anda Ketahui]

Tips Trik Berkendara Saat Jalanan Banjir [Wajib Anda Ketahui]

Tips Trik Berkendara Saat Jalanan Banjir | Sekarang bulan Agustus, tidak terasa bulan september sudah hampir tiba. Di mana pada bulan September ini seperti yang kita ketahui bersama pada waktu ini musim hujan telah tiba, berawal dari bulan September sampai dengan bulan Februari tahun berikutnya, dan hujan bisa turun kapan pun dan di manapun. Umum nya hujan pada akhir tahun lah turun dengan intensitas yang sangat tinggi. Melihat hal demikian maka di sebagian kota-kota Indonesia yang tidak memiliki resapan kurang baik maka akan menyebabkan banjir di jalanan yang ramai. Dengan demikian apabila kondisi tersebut sudah terjadi maka pengendara kendaraan baik roda empat ( mobil ) atau pun roda dua ( motor ) wajib ekstra hati-hati. 

Tips Trik Berkendara Saat Jalanan Banjir [Wajib Anda Ketahui]

Sebaiknya pengendara roda empat atau pun roda dua yang memiliki dimensi ketinggian yang tidak memungkinkan untuk menerjang banjir lebih baik menunda dulu untuk melewat jalan tersebut dan mencari jalur yang tidak tergenang banjir akan tetapi jika kendaraan anda m empunyai dimensi ketinggian yang cukup disitulah keputusan anda, mau melewat ataupun tidak. Umunya kendaraan yang dapat melewati banjir adalah seperti halnya motor trail, mobil Off Road 4x4 dan masih banyak lagi.
Akan tetapi jika pengendara atau kendaraan yang anda bawa kendaraan yang memiliki dimensi yang tidak terlalu tinggi dan ingin melewati jalan yang tergenang banjir alangkah baiknya anda melakukan beberapa hal yang akan terpaparkan di bawah ini.
1.       Pastikan kondisi ban dalam keadaan aman untuk melewati genangan banjir.
2.     Jika di rasa ban dalam keadaan aman kemudian kemudikan kendaraan anda dengan pelan dan hati – hati. Memangnya kalau cepat bagaimana??? Jika anda mengendarai terlalu cepat atau kencang nantinya bukan tidak mungkin kendaraan anda akan seperti perahu yang mudah terombang ambing dengan begitu dapat membahayakan pengendara lain.
3.     Usahakan untuk selalu menginjak gas dengan stabil dan janganlah sesekali melepas gas pada RPM mesin yang rendah. karena jika hal tersebut bertujuan agar air tidak masuk ke dalam ruang bakar melalui knalpot ataupun gril depan pada kendaraan roda empat.
4.       Atur jarak kendaraan anda dengan pengendara lainnya.
Tambahan, setelah menerjang banjir dengan selamat ada beberapa hal yang harus anda cek di antaranya adalah :
1.       Hentikan kendaraan anda akan tetapi tetap menghidupkan mesin supaya jika ada air yang masuk dapat keluar.
2.       Pastikan komponen pengereman masih dalam keadaan normal.
Akan tetapi jika banjir jalanan yang akan anda lewat cukup tinggi dan kendaraan anda tidak mampu melawan banjir tersebut, alangkah lebih baiknya mencari jalan lain yang lebih aman walaupun agak sedikit jauh.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top